Apa itu SEO? Pengertian SEO Search Engine Optimization

Apa itu SEO? Pengertian SEO Search Engine Optimization

Apa itu SEO Pengertian SEO Search Engine Optimization


iNDZGN - Search Engine Optimization atau SEO adalah sesuatu yang dilakukan untuk menaikkan posisi blog di Search Engine seperti google, bing, dan sebagainya. Apa tujuan belajar dan melakukan SEO? pastinya untuk membuat blog kamu mendapat banyak pengunjung dari Search Engine.

Ada 2 macam SEO, yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO. SEO ini bisa dibilang mudah dan susah. Mengapa dikatakan mudah? karena SEO itu memang prosenya mudah jika kamu sudah mengerti, mengapa dikatakan susah? karena proses SEO ini cukup panjang dan kadang membutuhkan pengetahuan SEO yang jarang dimiliki orang. Jika kamu memang benar-benar seorang pemula dan belum mengerti apa-apa tentang SEO, proses SEO ini memang akan berjalan susah. Jadi, mari kita belajar tentang SEO.

Mengapa SEO itu Perlu?

Anggap saja kamu itu seorang pedagang online pakaian yang ingin agar produk kamu dibeli orang, apakah barang akan langsung dibeli? pastinya tidak, mana mungkin situs kamu ditemui banyak orang dengan sendirinya. Jadi SEO yang digunakan kali ini adalah menampilkan posisi situs kita di Search Engine. Apakah hanya menampilkan posisi situs di Search Engine saja? tentu tidak, masih banyak situs-situs pakaian lain yang ingin produknya dibeli orang, jadi kamu harus bersaing dengan situs-situs tersebut.

Jadi SEO sebenarnya adalah sebuah pertandingan yang diikuti oleh puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang untuk mendapat juara 1 di Search Engine.

Onpage SEO (Meng-optimisasi Halaman)

Jika ingin halaman kamu relevan, maka pastikan kata kunci yang kamu  incar ada pada:
  • Title TAG
  • URL & description artikel
  • Heading tag (h1, h2, h3, dan seterusnya.)
  • Image file name dan image alt tag
  • Kalimat pertama dalam artikel kamu.
Jadi, admin yakin itu lebih dari 80% dari semuanya, sisanya adalah mempercepat loading blog, mengoptimalkan link rusak, mengoptimalkan web crawl blog kamu.

Offpage SEO 

Dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini merupakan text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link.. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink. Google menilai situs kamu relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya kamu membuat artikel mengenai “Permainan SEPAK BOLA”) ketika ada halaman PageRank tinggi tentang Permainan SEPAK BOLA yang menautkan ke situs kamu, dengan anchor text berupa “Permainan SEPAK BOLA”, maka ini adalah indikator relevansi yang PALING BESAR bagi Google.

Google berpikir, semua orang bisa menyempurnakan nilai Offpage seo nya. Tapi hanya situs yang benar-benar relevan yang mendapatkan link dari halaman PageRank tinggi (yang relevan dengan keyword yang ingin kamu incar) dengan anchor text berupa keyword tersebut.

Jadi seperti itulah penjelasan sedikit tentang Pengertian SEO Search Engine Optimization, semoga bermanfaat untuk kamu.
Load comments