Mengatasi Play Store Android Tidak Bisa Download
Mengatasi Play Store Android Tidak Bisa Download

Mengatasi Play Store Android Tidak Bisa Download

Blog Ardhana - Tablet atau Smartphone Android yang kamu gunakan akan sangat maksimal untuk digunakan jika banyak aplikasi yang terpasang. Baik itu aplikasi untuk meningkatkan produktifitas, hiburan, jejaring sosial atau bahkan game. Apalagi kalau Smartphone atau Tablet Android yang kamu gunakan merupakan produk unggulan.

Disisi lain masalah akan muncul, ketika aplikasi bawaan dirasa kurang begitu maksimal untuk membantu aktifitas harian kamu, maka dari itu kamu pun membutuhkan aplikasi tambahan yang harus di download dari Play Store. Cara mendownload dan memasang aplikasi dari Play Store memang sangat mudah, kamu hanya perlu log in ke akun google kamu, mencari aplikasi lalu tekan tombol install. Hanya saja beberapa pengguna akan mengalami masalah pada saat menjalani prosesnya. Apalagi kalau bukan gagal download atau bahkan tidak bisa download dari Play Store. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Mari kita simak bersama sama.

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi Dari Google Play Store

Berbicara tentang penyebab, tentu saja antara pengguna satu dengan yang lainnya akan mengalami masalah berbeda beda. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.
  • Koneksi internet yang lambat. Saya berbicara tentang paket data dari SIM Card dimana kamu pun memakainya untuk menjalankan aplikasi GPS, BBM, Facebook, Whatsapp dan aplikasi lain yang bekerja pada latar sehingga saat aplikasi Play Store meminta bagiannya dia tidak kebagian koneksi internet tersebut.
  • Terdapat pesan "Penyimpanan yang tersedia tidak cukup" atau "insufficient storage available". Petunjuk yang sangat baik ini memberitahukan bahwa kamu harus menyediakan ruang penyimpanan untuk aplikasi baru yang akan kamu download. Lebih baik disimpan pada Eksternal Memori, yang tak lain adalah Micro SD.
  • Terlalu banyak cache yang tidak dibersihkan. Cache merupakan file sementara yang dibuat otomatis oleh setiap aplikasi Android untuk mempercepat kinerja mereka. Namun tahukan kamu bahwa file sementara ini bisa rusak dan menghambat terhadap proses lain yang menyebabkan terjadinya error.

Cara Mengatasi Gagal Download Aplikasi Dari Google Play Store

Yang di atas hanya penyebab umum yang sering terjadi karena masih banyak alasan lain kenapa tidak bisa download aplikasi dari play store. Saya juga pernah mengalami masalah di atas, dan saya pun mengatasinya dengan cara berikut ini.
  • Cara yang paling sering saya gunakan adalah mengubah APN (Acess Point Name). Dengan melakukan cara ini kamu akan menggunakan APN alternatif sesuai dengan layanan dari kartu SIM yang kamu gunakan dengan tujuan untuk mempercepat koneksi internet. 
  • Buka aplikasi Play Store lalu tekan My Apps. Disana kamu akan melihat aplikasi yang telah terpasang pada smartphone kamu. Batalkan proses install dan proses update.
  • Tekan Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tekan "Clear Cache" dan "Clear Data". Disin kamu  membersihkan cache dari aplikasi Google Play Store saja.
  • Tekan Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tekan “Uninstall updates”. Dengan melakukan cara ini, aplikasi Google play Store akan kembali ke versi awal tepat pada saat pertama kali kamu menggunakan Smartphone tersebut.
  • Aktifkan Download Manager. Tekan Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Download Manager lalu tekan “Enable”.
  • Matikan Smartphone atau Tablet Android kamu kemudian lepas baterai, memori eksternal (MicroSD) dan kartu SIM. Biarkan chipset tidak menerima energi dari baterai selama beberapa menit setelah itu hidupkan kembali.
  • Gunakan wiFi untuk memancing agar dapat men-download lewat Google Play Store.
  • Lakukan factory reset atau coba untuk download aplikasi dengan kartu SIM baru.
Cara diatas adalah cara yang biasa saya lakukan ketika gagal dan tidak bisa download aplikasi dari play store. Lakukan langkah tersebut dan semoga berhasil untuk download aplikasi baru di Smartphone dan Tablet Android kamu. Demikian sedikit informasi yang saya berikan, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang kamu punya. Terimakasih.

Related Posts

Load comments

Comments